Saturday, November 10, 2018

Penyebab Aki Motor Berkualitas Bisa Tekor



Yang namanya aki motor berkualitas, itu penting sekali untuk sebuah motor. Mengingat saat ini motor telah menjadi salah satu bagian penting dari kehidupan sehari-hari semua orang. Sehingga, memahami bagaimana cara untuk merawat aki motor itu penting sekali untuk sebagian besar orang. Meskipun sayangnya tidak semua pengguna kendaraan bermotor itu memahami tentang permasalahan teknik pada kendaraan bermotor mereka. Itu karena tidak ada yang dasar dari dunia otomotif.

Kebanyakan pengguna  motor adalah dari para kaum hawa yang lebih tertarik dengan dunia perempuan. Dunia otomotif yang berasa lebih manly, sehingga hal ini membuat banyak laki-laki lebih suka menekuni dunia otomatis dibandingkan para wanita. Lebih menariknya lagi adalah, saat ini di zaman milenial itu sangat mudah sekali untuk mencari solusi untuk mengatasi permasalahan pada kendaraan bermotor hanya dengan menggerakkan jari saja di internet. Misalnya saja saat ingin mengatasi permasalahan pada aki motor.

Aki yang bermasalah itu bisa membuat motor tidak dapat distarter elektrik dengan baik. Maka dari itulah, agar dapat mengatasi permasalahan pada aki motor, sebaiknya Anda pahami apa yang menjadi penyebab dari aki motor yang bermasalah terlebih dahulu. Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan aki motor NS Battery yang Anda gunakan menjadi tekor dan bermasalah, antara lain:

Modifikasi Motor yang Tidak Tepat
Saat ini banyak sekali ditemukan para pengguna motor yang melakukan modifikasi terhadap perangkat kendaraan bermotor mereka. Sebenarnya, tak masalah bila perangkat baru yang berguna untuk mengonsumsi listrik berdasarkan dengan yang sudah didesain dari pabrikannya. Yang menjadi permasalahannya adalah saat pengguna motor membutuhkan listrik yang dayanya lebih besar. dengan begitu, daya yang dikeluarkan oleh aki semakin lebih besar dan menjadi cepat rusak atau soak. Contoh dari penggunaan aki yang tidak tepat adalah, sebagai berikut ini:

-          Pemakaian klakson mobil yang diletakkan pada kendaraan bermotor.
-          Pemakaian lampu yang HID wattnya kebesaran.
-          Penggunaan perangkat lainnya yang membutuhkan konsumsi daya yang ukurannya lebih besar.

Dikarenakan daya yang dibutuhkan oleh motor cukup besar, aki itu lebih cepat rusak. Dengan begitu, Anda tidak akan pernah menyadari bila aki tersebut harus diganti dengan cepat. Bila Anda ingin memakai klakson mobil atau memakai lampu yang ukurannya lebih besar, maka Anda membutuhkan perangkat yang bisa membuat listrik menjadi lebih stabil. Maka dari itulah, sebaiknya gunakan saja relay di aki.

Kiprok

Pengaturan dari pengisian aki yang dipakai oleh perangkat kiprok ini harus dilakukan dengan benar. Bila perangkat yang satu ini rusak, hal ini membuat pengisian aki tidak stabil. Bila kebesaran atau terlalu kecil, maka hal ini juga akan membuat perangkatnya menjadi cepat rusak. Maka dari itulah, agar dapat memastikan bahwa kiproknya masih bekerja dengan baik, sebaiknya lakukan beberapa hal di bawah ini:

1.       Nyalkaan mesin dan juga nyalakan lampu utamanya.
2.       Gas menggunakan ekcepatan 4.000 rpm sampai dengan 5.000 rpm.
3.       Tegangan bagus saat tegangan listriknya sebesar 14 V sampai dengan 15 V.

Terjadi Korsleting pada Arus Pendek

Hubungan arus pendek di aki motor itu bisa menyebabkan daya yang telah dikeluarkan aki motor menjadi semakin lebih besar. Hal ini terjadi karena hampatan yang telah dilewati oleh listrik menjadi sangat kecil. Karena listrik yang telah dialirkan dari kutub positif ke kutub negatif, hal ini membuat terjadinya korsleting. Agar bisa terhindar dari permasalahan korsleting, maka sebaiknya pemilik motor harus memastikan bahwa bagian sekering akinya sedang dalam kondisi yang bagus. Jangan sampai ada rangkaian yang tidak ada sekeringnya.

Karena bila sampai tidak ada sekeringnya, hal ini membuat tidak ada lagi yang bisa menghentikan arus listrik yang menjadi tidak stabil lagi. Jadi, itu tadi adalah beberapa penyebab yang membuat aki motor menjadi tidak dapat diisi. Selain beberapa hal tersebut, ada juga yang membuat aki tidak dapat mengisi. Yaitu, karena usia pemakaiannya sudah lewat. Karena aki itu umumnya bisa bertahan dari 2 tahun sampai dengan 4 tahun. Jadi, wajar sekali bila aki bisa rusak saat dipakai dalam waktu yang lama. Di bawah ini adalah beberapa cara untuk merawat aki supaya tidak tekor, antara lain:

1 .    Matikan lampu motor saat tidak dipakai. Bila lampunya menyala dalam waktu yang lama, hal ini membuat arus listrik menjadi besar dan membuat daya aki menjadi cepat menurun.
2  .       Matikan mesin motor bila sedang tidak dipakai untuk berjalan.
3  .       Bila Anda menempuh perjalanan jarak jauh, sebaiknya berhentilah setiap menempuh 60 km.

Bila Anda meninggalkan motor tersebut dalam waktu yang lama, sebaiknya titipkan saja motor Anda kepada seseorang supaya motor Anda bisa tetap dinyalakan setiap 2 hari sekali. hal ini karena konektor dan kebalnya masih bisa mengeluarkan daya mesinnya dalam kondisi mati. Sekalipun aliran listriknya kecil, namun bila mesin motor didiamkan dalam waktu yang lama, hal ini bisa membuat mesin motor terbuang sia-sia.

Bagikan

Jangan lewatkan

Penyebab Aki Motor Berkualitas Bisa Tekor
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.