Thursday, March 8, 2018

Jenis-jenis Transfromator





Transformator atau trafo adalah alat yang digunakan untuk memindahkan energy listrik dari satu rangkaian ke reangkaian yang lain melalui suatu gandengan magnet dan bekerja berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik.  Jenis- jenis trafo ada tiga macam yaitu :

  1. Trafo Daya
Trafo daya adalah trafo yang digunakan untuk menaikan tegangan yang berasal dari generator, lalu tegangan yang sudah dinaikan disalurkan menuju switchyard dan distribusikan ke konsumen. Trafo daya digunakan untuk menaikan tegangan bertujuan untuk mengurangi arus pada saluran transmisi sehingga arus yang terbawa adalah arus yang rendah sehingga mengurangi rugi-rugi daya selama proses pendistribusian ke konsumen.
Prinsip kerja trafo daya adalah sisi lilitan primer pada trafo dihubungkan dengan sumber tegangan bolak-balik dari generator , arus yang masuk di sisi primer dinaikan melalui lilitan sekunder. Gangguan yang terjadi pada trafo adalah gangguan listrik, busur api, gangguan pada system pendingin, beba lebih, dan hubungan singkat di sisi luar. Maka dari itu diperlu maintenance trafo dan perawatan genset secara rutin 

  1. Trafo Arus
Trafo arus atau current transformer (CT) adalah trafo yang digunakan untuk mengukur arus yang besarnya hingga ratusan ampere dan arus yang mengalis pada jaringan tinggi. Trafo arus juga digunakan untuk pengukuran jarak jauh, rele prokteksi, dan daya energy. Lilitan primer trafo dihubungkan seri dengan rangkaian yang akan diukur, lalu kumparan sekunder dihubungan dengan rele proteksi. Prinsip kerja trafo arus sama dengan trado daya .

  1. Trafo tegangan

Trafo tegangan atau potential transform (PT) adalah alat untuk mengubah tegangan yang lebih tinggi ke tegangan yang lebih rendah  untuk kebutuhan peralatan indicator, alat ukur dan relai. Beberapa fungsi trafo tegangan adalah :
1.     Mentransformasikan besaran tegangan dari tinggi ke rendah sehinga bisa digunakan untuk peralatakan proteksi dan pengukuran yang lebih aman.
2.  Mengisolasi bagian primer tegangan tinggi dengan bagian sekunder yang tegangannya renda untuk system proteksi dan pengukuran peralatan pada bagian primer



Bagikan

Jangan lewatkan

Jenis-jenis Transfromator
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 comments

Tulis comments