Saturday, January 27, 2018

Tips Menghemat Uang Bulanan Bagi Mahasiswa Perantauan




Bagi mahasiswa perantauan, menghemat uang bulanan merupakan salah satu cara agar kegiatan di kampus bisa terus berjalan. Apalagi jika kamu merantau di luar negeri, maka tak ada yang bisa menyelamatkanmu selain lifestyle hemat. Setiap mahasiswa tentu mendapatkan uang bulanan sesuai dengan kondisi finansial keluarganya. Khususnya bagi mereka yang uang bulanannya sangat minim, maka agar tidak berhutang kemana-mana, maka satu-satunya cara ya menentukan pengelolaan keuangan yang paling tepat. Bagi mahasiswa yang kuliah jauh dari rumah, coba deh kamu cek beberapa tips menghemat uang bulanan bagi mahasiswa perantauan berikut ini.

·         Buat Anggaran
Jika kamu masih ingin makan lumayan enak di akhir bulan, sebaiknya kamu buat anggaran sebijak mungkin. Jadi sebelum mendapatkan kiriman dana dari orang tua, ada baiknya kamu buat anggaran. Agar lebih fleksibel, sebaiknya kamu buat anggaran harian selama seminggu (itupun jika orang tuamu mengirim dana selama seminggu). Nah anggaran harian ini mesti mengacu pada lifestyle hemat dan sederhana. Jadi dalam anggaran harian ini, tetapkan biaya makan, biaya foto kopi paper, biaya transportasi, biaya internet, dan lainnya. Jika budget mingguan kamu 700 ribu rupiah, maka pastikan anggaran hariannya tidak melebihi 100 ribu rupiah. Kamu bisa terhindar dari berhutang dan kelaparan di akhir bulan jika kamu berhasil menerapkan anggaran harian ini.

·         Gunakan Fasilitas Kampus
Bagi kamu yang kuliahnya jauh dari rumah, ada cara paling tepat agar kamu bisa ngontrak tanpa bayar sama sekali. Caranya yaitu kamu ikuti setiap organisasi yang ada di kampus, sehingga kamu bisa menggunakan fasilitas ruangan organisasi tersebut untuk istirahat atau aktivitas-aktivitas lainnya. Tak hanya fasilitas penginapan gratis, dengan mengikuti organisasi yang ada di kampus, kamu bisa mempelajari banyak hal. Tak hanya kemandirian, kamu ‘pun bisa belajar caranya berorganisasi dan tentunya memiliki banyak sekali teman. Lewat organisasi inilah nantinya kamu bisa menemukan banyak sekali informasi mengenai pekerjaan part-time. Namun jangan asal nimbrung ya, kamu ‘pun mesti memberi kontribusi pada organisasi yang kamu ikuti.

·         Jalan Kaki atau Naik Sepeda
Jika kampusmu lumayan dekat, tak ada salahnya dong kamu jalan kaki? Selain bisa menghemat budget bulanan, kamu ‘pun bisa mendapatkan badan yang bugar dan sehat. Biar lebih asyik, cari teman-teman kos yang juga terbiasa jalan kaki. Jadi selama perjalanan ke kampus, kamu bisa ketawa-ketawa bareng sama teman-temanmu. Jika kampusmu lumayan jauh, sebaiknya gunakan sepeda daripada sepeda motor. Dengan menggunakan sepeda, kamu tak perlu mengeluarkan biaya bensin. Biar enggak boring, ikuti komunitas pecinta sepeda di kampus, sehingga kamu ‘pun memiliki banyak partner bersepeda.

·         Belanja Online
Bagi mahasiswa perantauan yang ingin menghemat budget bulanan, sebaiknya kurangi atau hentikan kebiasaan shopping di mall. Selain berpotensi menghabiskan banyak uang, jalan-jalan di mall sebenarnya kurang pas dengan lifestyle mahasiswa yang identik pro rakyat kecil. Nah sebagai solusinya sebaiknya kamu belanja via online. Kamu bisa menemukan banyak sekali barang yang kamu butuhkan dengan harga murah. Tak hanya itu, kebanyakan marketplace sering sekali memberikan promo, salah satunya Blibli. Jadi sebelum kamu shopping keperluan kuliah seperti buku, laptop, mousepad, dan lainnya, sebaiknya temukan dulu promo Blibli ini. Dengan memanfaatkan promo Blibli 2017, kamu bisa menghemat banyak sekali uang bulanan.

·         Memulai Bisnis
Jika kamu ingin hidup ‘enak’ di rantauan, ada baiknya kamu segera memulai bisnis. Jadi kamu tak hanya mengandalkan dana kiriman dari orang tua, kamu ‘pun mesti belajar caranya mencari uang sendiri. Terdapat banyak sekali bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Kamu bisa bekerja part-time di  kafe atau restoran, atau kamu bisa memberikan layanan kursus sesuai dengan keahlianmu. Jika kamu mampu mendapatkan uang dari bisnis yang kamu jalankan, maka kamu tak perlu repot-repot lagi meminta uang bulanan ke orang tuamu.


Jika kamu mampu menerapkan beberapa tips diatas, masa-masa kuliahmu pasti dipenuhi dengan hal-hal mengesankan. Tak ada lagi yang namanya ngutang sama teman atau kelaparan di akhir bulan.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips Menghemat Uang Bulanan Bagi Mahasiswa Perantauan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 comments:

Tulis comments