Friday, June 2, 2017

Ini 5 Cara Agar Koper Tidak Rawan Hilang dan Tertukar

Foto: shutterstock

Bagi yang hobi traveling sudah pasti punya koleksi koper lebih dari satu. Lalu, dari sekian banyak koper yang bertumpuk itu pasti ada satu koper yang paling sering dipakai dan juga jadi koper favorit.

Sayangnya, semakin sering digunakan, semain besar juga kemungkinan koper itu akan rusak bahkan hilang. Logis juga dugaan seperti itu karena kan selama traveling apalagi kalau koper ditaruh bagasi pesawat, ia akan tercampur aduk dengan koper lain yang pasti ada juga yang sama. Baik dari segi warna, model, hingga ukurannya.

Nah, untuk meminimalisir koper tertukar atau hilang baiknya kita memberikan tanda dan juga identitas yang bisa memudahkan kita mengenalinya.

Memberikan tanda dan juga identitas bisa memudahkan kita ketika sedang mengantri menunggu datangnya koper kita di conveyor belt.

Ya, setidaknya dengan tanda dan identitas tersebut kita bisa langsung mengenali dan mengambil koper meskipun kondisinya sedang ramai dan penuh sesak.

Berikut ini ada tips dan langkah untuk membuat identitas dan tanda di koper.


1. Kreasikan tag koper

Di beberapa koper sudah tersedia sebuah tag yang menggantung di bagian atas maupun samping koper. Nah, biasanya tag ini memiliki warna yang senada dengan koper. Jadi perlu dihias lagi supaya mudah dikenali kalau-kalau ada koper yang sama. Tag ini bisa kamu kreasikan menjadi unik, misalnya dililitkan dengan kertas berwarna warni.

Sedangkan untuk yang tidak memilki tag kamu bisa membuatnya sendiri dengan mencetaknya di kertas ukuran A5, laminating, lalu lubangi dan beri tali atau pita yang kuat.

Untuk informasi yang akan kamu tuliskan di dalam tag, hindari untuk memberi identitas yang terlalu mendetail karena akan membuat kamu dalam ancaman bahaya dari orang yang berniat jahat.

Cukup cantumkan nomor handphone dan juga alamat email kalau memang ternyata kopermu tertukar, orang yang mengambilnya bisa dengan mudah menghubungi kamu. Hindari desain tag yang mengandung unsur SARA atau menuai kecurigaan petugas seperti lambang bom atau radioaktif karena justru bisa mengantarkan kamu pada masalah.


2. Pita dan kain perca

Satu lagi cara untuk memberikan identitas koper kamu agar mudah dikenali yaitu dengan mengikatkan pita dan juga kain perca di bagian pegangan koper.

Kamu juga bisa menggunakan scarf dengan warna mencolok yang mudah dikenali supaya bisa terlihat jelas meskipun kamu melihat dari jarak yang jauh.

Saat meletakkan kain ini, pastikan kamu mengikatkannya dengan kuat dan tidak berisiko lepas dan terjatuh. Kain yang diikatkan juga pastikan tidak tersisa terlalu panjang supaya tidak tersangkut di conveyor belt.

Cara ini juga bisa dibilang yang paling mudah dan murah. Apalagi buat kamu yang termasuk budget traveler. Kalau mau liburan hemat juga bisa dengan rajin berburu tiket pesawat murah promo sekaligus rajin cek promohotel di www.reservasi.com.


3. Mulai beralih ke sabuk koper

Seiring dengan berkembangnya dunia traveling, ternyata banyak juga inovasi untuk perlengkapan traveling juga bertambah. Nah, salah satunya adalah sabuk koper.

Sabuk koper ini sangat praktis dan bisa jadi pengaman sekaligus karena beberapa sabuk koper juga dilengkapi dengan kunci dengan kata sandi. Kelebihan lainnya juga sabuk koper ini memiliki desain unik yang banyak. Dan satu hal lagi, sabuk koper ini bisa melindungi koper dari kotoran dan juga bisa dicuci.


4. Buat lebih unik lagi dengan stiker

Kamu termasuk orang yang suka dengan hal unik dan vintage? Nah, pas sekali nih untuk menghias koper dengan stiker.

Kalau sudah ditempelkan dengan jumlah yang banyak dan semua stiker itu adalah tentang hal-hal favorit kamu, amat kecil kemungkinan koper kamu tertukar atau hilang karena salah diambil orang. Akan sangat mudah sekali untuk mengenali koper yang ditempel banyak stiker karena kebanyakan orang lebih memilih kopernya polos begitu saja.

Sekarang kan banyak model koper vintage yang kemudian ditempelkan stiker untuk memberi kesan personal yang lebih eye catchy. Semisal kamu suka dengan band classic rock kamu bisa tempelkan stiker wajah personel dengan sentuhan hiasan stiker lainnya.

Oh ya, pastikan kamu memilih stiker yang memiliki perekat kuat, tidak mudah mengelupas dan tahan air, ya. Karena kan selama perjalanan akan ada kemungkinan koper kamu bergesekan dengan koper lain saat di troli, kabin, bagasi, dan juga conveyor belt.


5. Pilih koper dengan warna dan desain yang unik

Kalau kamu butuh cara yang lebih mudah dan cepat dari cara yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa melakukan langkah ini. Ya, dengan membeli koper berwarna dan desain yang unik dan jarang dimiliki orang lain.

Akan lebih baik lagi kalau bentuknya juga yang tidak umum. Jadi, mungkin bagi yang terbesit niat jahat pun akan segan untuk memilih koper kamu karena identitasnya yang tidak biasa dan mudah dikenali.

Cara ini juga cocok buat kamu yang memang memiliki waktu terbatas dan tidak sempat membuat kreasi di atas. Intinya, yang penting kamu dapat dengan mudah mengenali koper kamu.




Bagikan

Jangan lewatkan

Ini 5 Cara Agar Koper Tidak Rawan Hilang dan Tertukar
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.