Friday, October 14, 2016

6 Cara Mudah Merawat Bayi yang Terkena Flu

6 Cara Mudah Merawat Bayi yang Terkena Flu

Sistem imun pada bayi berusia di bawah 1 tahun memang masih sangat rentan, ia akan dengan mudah terserang penyakit ringan, apalagi dalam cuaca yang seperti sekarang ini. Musim pancaroba membuatnya begitu mudah terjangkit masalah flu. Pada orang dewasa sendiri flu sudah tergolong sebagai penyakit yang sangat merepotkan, meski tak terlalu sakit, namun cukup mengganggu aktifitas dengan rasa pusing dan juga badan yang demam. Apalagi bagi buah hati Anda, tentunya akan membuat mereka jadi semakin rewel bukan. Merawat bayi  yang terkena flu ini gampang, gampang susah, apalagi tak semua obat memang bisa memberikan kesembuhan optimal.

Tak jarang diantaranya buah hati yang justru tak cocok dengan obat yang diberikan oleh dokter maupun bidan, sehingga memberikan efek samping semacam alergi. Untuk itulah Anda juga harus mengandalkan cara perawatan tradisional. Patut untuk diketahui juga bahwa flu dan pilek ini berbeda. Umumnya pilek menyebabkan hidung buah hati Anda tak hanya tersumbat, melainkan hingga meler, bahkan disertai dengan batuk jika sudah cukup parah.

Gejala flu pada bayi umumnya meliputi hidup tersumbat atau kesulitan dalam bernapas sehingga membuatnya lebih rewel dari biasanya. Beberapa diantara anak juga akan mengalami kenaikan suhu badan sehingga terasa sedikit hangat. Ketika tidur mereka akan mengeluarkan suara dari hidung karena tak bisa bernapas dengan lancar. Berikut ini da tips merawat bayi yang menderita flu secara tepat, diantaranya adalah:

  1. Biarkan mereka lakukan penguapan secara alami untuk meredakan hidung yang tersumbat, caranya sangat mudah, yaitu dengan mengandalkan air panas dengan minyak telon. Gunakan wadah kecil dan diuapkan pada wajah, ia berfungsi sebagai inhaler alami yang dapat melegakan hidung yang tersumbat.
  2. Buatlah tubuh buah hati Anda menjadi lebih hangat, dalam kondisi flu meskipun badan mereka terasa panas, namun sebenarnya buah hati sedang kedinginan. Cara terbaik adalah membuatnya selalu hangat yaitu dengan menyelimuti atau mengenakan jaket tebal. nantinya kondisi gerah tersebut akan memicu tubuh keluarkan keringat.
  3. Tetap berikan ASI secara cukup, meski konsumsi susu hanya menambah parah sumbatan di hidung namun pastikan agar mereka dapatkan ASI secara cukup. Hal ini berguna untuk mempercepat proses penyembuhan dan membuatnya terhindar dari masalah dehidrasi. Mengingat Anda sendiri tentunya tau jika asupan air kurang maka bayi sangat mudah mengalami dehidrasi.
  4. Sesekali pijat hidung bayi Anda, langkah terbaik untuk mengeluarkan ingus yang ada di hidung adalah dengan memijatnya, apalagi anak-anak masih belum bisa melakukannya sendiri. Khususnya di malam hari lebih sering berada di dekat buat hati untuk memijat hidung agar keluarkan cairan yang menyumbatnya.
  5. Mengatur posisi tidurnya, lebih sering menggonta-ganti posisi buah hati ketika tidur, ini sangat berguna di dalam menghilangkan sumbatan yang ada padang hidung, ketika bagian kiri yang tersumbat maka miringkan ia ke kanan, lakukan bergantian agar mereka dapat istirahat dengan tenang.
  6. Gunakan larutan garam di dalam mencairkan ingus di hidung, caranya cukup mudah, tambahkan 2 sendok garam di dalam segelas air kemudian gunakan pipet kecil dan teteskan ke hidung mereka, tunggu beberapa saat hingga ingus keluar dengan sendirinya.


Itulah setidaknya langkah merawat bayi yang terkena flu, cukup efektif selain pengobatan oral, mengingat ada keterbatasan bayi anak di usia di bawah tahun untuk konsumsi obat.

Bagikan

Jangan lewatkan

6 Cara Mudah Merawat Bayi yang Terkena Flu
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.